Rabu, 20 April 2011

Akses Internet gratis dengan Antena Kaleng


Iseng ketik kata kunci "internet gratis" di google, akhirnya dapat link menuju ke kaskus. Mungkin isi thread ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang disekitar tempat tinggalnya terdapat hotspot gratis.
Kalau melihat dari segi bentuknya antena ini tidak lebih dari guyonan konyol, but the most important thing is... it works.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan :
1. Siapkan card ama kabel (pigtail) berikut si laptopnya
















2. Siapkan barang2 yang dibutuhkan dan tools yang akan digunakan.

  

















Cara Pembuatan :
1. Cari kaleng diameter 10cm panjangnya paling nggak 133mm

2. Buat elemen dari pipa kuningan diameter 4mm, (kalau tidak ada, boleh pakai kabel listrik biasa yang agak besar ukuran 2.5 sqmm. )

3. Solderkan ke konektor N bulk type. Panjang elemen dari ujung ke dasar konektor adalah 1/4 lambda yakni 31mm. 
 
 4. Potong panjang kalengnya dari 145mm menjadi 133mm sesuai dengan perhitungan di web ini http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna2calc.php. (aslinya panjang kaleng ini 145mm, nyari yang pas 133mm nggak nemu) so workaround is the best effort. katanya si website itu kalengnya boleh diameter antara 9-11cm.

5. Jangan lupa ujung yang bekas dipotong diamankan dengan tape isolator atau apa aja. yang penting jangan sampai bikin tangan berdarah2. masa sih demi internet harus sampe berdarah2 kayak perang melawan belanda saja.
 
 
6. Lubangi kaleng dengan jarak 44mm dari dasar kaleng, ingat ya bukan ujung kaleng tapi dasar kaleng. karena ujung kaleng sama dasar kaleng beda beberapa mm. lihat saja biasanya kaleng dasarnya agak menjorok ke dalam sedikit.

7. Lubangi 4 buah untuk meletakkan sekrup. Biar gampang, lubang yang pertama jangan dibuat besar dulu, buat asal masuk aja pin N connectornya. setelah itu tempelkan konektornya, dengan begitu kita bisa menandai lubang sesuai dengan konektor.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
8. Terakhir pasang dari luar N bulk konektor di kaleng yang telah dilubangi tadi

9. Nah saat2 mendebarkan tiba, saya arahkan antenna kaleng ke arah hotspot.
 
10. saya mencoba pakai netstumbler (http://www.netstumbler.com/downloads/), ternyata saya bisa melihat 7 access point di sekitar apartemen. you know what...? 5 dari 7 AP nggak diprotect apapun jadi bisa konek dengan bebas hahahaha...
 
 
 
lebih jelasnya link sumbernya :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7533248


1 komentar:

Yg dimaksud 'card' pd lngkah pertama itu card apa ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More